Halo iriters, kalo kemarin Mak Irits sudah berbagi tips berjualan dengan akun facebook pibadi dan bagaimana menggunakan fanpage facebook untuk promosi bisnis, kali ini kita bahas yuk tips promosi bisnis dengan endorsement.

Pasti sering lihat dong di tivi artis anu pake baju cantik (atau bahkan aneh) terus di layar tertulis dress si anu endorse by blablabla. Nah semacam itulah yang disebut endorsement.

endorsement
ndilalah punya ponakan artis, ya todong aja suruh poto :p

Promosi bisnis dengan endorsement semacam ini bisa kita tiru loh iriters.

"Ta... tapi... bisnis saya cuma kecil-kecilan maak, cuma sandal jepit doang, untungnya juga belum seberapa, bisa gitu mengendorse artis?"

Ya kalo ditanya bisa atau ngganya, ya bisa aja sih. Coba aja hubungin manajemen artis yang bersangkutan kali-kali aja mau hehehe. Tapi... endorsement ngga mesti sama artis yang udah wara wiri di tipi kok.


Jamannya socmed kaya sekarang kita punya banyaaak banget pilihan promosi. Kalo kita memang mau mengunakan sistem endorsement ngga melulu harus pake artis tipi. Mungkin agak sulit ya kalo kita ngga punya channel ke artis yang bersangkutan apalagi brand kita juga baru merangkak dan ngga punya dana banyak buat promosi.

Selain artis tivi masih ada kok yang biasa disebut seleb socmed, orang yang populer di kalangan para netizen. Inipun masih terbagi lagi ada yang populer di twitter, facebook,  instagram, atau youtube. Nah kita bisa pakai jasa mereka.

Komik Mak Irits juga dipromosikan dalam bentuk endorsement (ketahuan dah penulisnya kagak modal) dan emang terbukti banyak yang akhirnya ikutan membeli komik tersebut setelah baca ulasan dari blog atau foto komik bersama para endorser wara-wiri di socmed.

Tapi gimana nih supaya efektif melakukan promosi bisnis dengan endoresment. Nih emak punya langkah-langkah dalam membuat promosi bisnis dengan endorsement.

  1. Pertama, kita harus tahu pasti sasaran produk/jasa yang ditawarkan.  Siapa orang yang paling kita harapkan atau paling memungkinkan membeli produk kita. anak-anakkah, orang dewasa, perempuan, laki-laki, atau siapa?
  2. Pilih media sosial yang akan digunakan untuk promosi. Kira-kira target market kita lebih banyak menggunakan socmed apa. Nah ini perlu kajian lebih mendalam sih. Kita harus mempelajari karaker pengguna masing-masing socmed. Mungkin ada socmed tertentu yang paling digandrungi para remaja, dll.
  3. Kalau sudah menetapkan socmed mana yang mau digunakan untuk promosi baru deh cari-cari endorsernya. Sebelumnya perlu diketahui, tiap orang mungkin saja punya "lahan" yang berbeda-beda. Mereka yang seleb facebook belum tentu punya follower banyak di facebook. Meski banyak juga sih yang tenar di semua socmed. 
  4. Dalam memilih endorser tentulah yang paling utama yang kita lihat seberapa banyak pengikutnya. Tapi jangan lupa untuk tahu juga SIAPAKAH yang menjadi pengikutnya. Kalau kamu jualan produk untuk remaja, misalnya. Daripada menggunakan endorser yang pengikutnya 1000 tapi kesemuanya bapak-bapak, lebih baik menggunakan endorser yang meski followernya cuma 500 tapi sebagian besar isinya remaja.
  5. Lihat keaktifannya di socmed. Bnayaknya jumlah follower belum tentu sebanding dengan keaktifan dia di socmed. Bisa saja dulunya orang ini aktif sehingga banyak teman, tapi sudah bertahun-tahun ngga pernah update status sehingga timelinenya dipenuhi lapak jualan handphone :p
  6. Lihat bagamana interaksinya. Selain keaktifan, liat juga interaksinya dengan teman atau pengikutnya. Kalo tiap update status ngga ada yang komen ya berarti orang ngga begitu merespon apa yang dibicarakannya, mending cari yang lain lah.
  7. Pilih yang paling dekat secara pesonal. Ini biar enak aja sih. Biar dia mau jadi endorser, kasih testimoni, foto-foto produk kita meski bayarannya hanya gratisan produk, hehehe.
  8. Tips terakhir nih bawa produk Anda kemanapun Anda pergi. Kalau memungkinkan sih ya. Kebayang kalo produknya kulkas tiga pintu mbawanya gimana XD. Tujuannya ya kali aja tiba-tiba di jalan ketemu artis dapet kesempatan untuk minta poto, mintalah kesediannya berpoto sama produk kita. Produknya dikasih ya, jangan diambil lagi pelit amat sih wkwk. Ya kali aja dia bersedia ngasih testimoni. Kalaupun ngga, mayanlah produk kita nampang bareng artis. Para fans nya bisa aja tertarik untuk membeli. hehehe...
Begitulah sedikit tips promosi bisnis dengan endorsement dari Mak Irits. Moga manfaat yooo :)

NB: Yuk ikutan kampanye gerakan #AntiMubazir. Ada hadiahnya loh. Periode kuis sampai tanggal 15 Sept, periode kampanye sampai kapanpun ;)

twitter: @emakirits
IG       : @emakirits